STAIAS 1
STAIAS 2
STAIAS 3
STAIAS_5
11032012003
MILAD 1
MILAD 13
MILAD 15
gedung stai 1
logo stai ashd baru 2
Print

Sejarah

Salah satu ciri manusia adalah berkembang dan selalu mengalami perubahan dari masa ke masa yang tiada henti, tanpa batas ruang dan waktu, dengan bekal yang dimiliki, yaitu akal fikiran dan kemampuan nalurinya. Manusia dapat mengembangkan wajah kehidupan ke arah yang lebih baik, dinamis, inovatif, dan produktif yang secara estafet terus berkelanjutan dari generasi ke generasi sehingga terciptalah suatu prestasi kemajuan peradaban-peradaban.

Sebagai bagian dari peradaban, pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam upaya mewujudkan peradaban manusia yang sempurna, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Subhanahu Wata'ala, manusia yang mengetahui tujuan penciptanya yaitu untuk beribadah kepada Allah Subhanahu wata'ala. Sebagaimana yang tertuang dalam firman-Nya:

وليخس الذين لو تركوا من خلفههم درية ضعافا خافوا عليهم فليتقوا الله وليقولوا قولا سديدا

 

"Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar." (Annisa: 09)

Langkah-langkah yang diambil oleh Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 3 Karawang untuk mewujudkan agar masyarakat Indonesia umumnya dan masyarakat sekitar pesantren khususnya memiliki keturunan yang tidak lemah, maka Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 3 Karawang membuka Perguruan Tinggi yang berbasis Agama Islam untuk menunjang dan sesuai dengan visi-misi  pondok pesantren.

Pesantren yang merupakan salah satu benteng moral di masyarakat, harus mampu menciptakan dan menghasilkan intelektual-intelektual yang tidak hanya berkutat pada pemahaman islam secara tradisional, tapi juga harus dapat bergerak dinamis sesuai dengan perkembangan zaman.

Sekolah Tinggi Agama Islam Asshiddiqiyah Karawang didirikan dengan maksud untuk mempersiapkan generasi yang memiliki kemampuan memadai baik dalam bidang ilmu-ilmu agama maupun pengetahuan ilmiah secara umum, memiliki  kemampuan akademik yang mumpuni dan profesional di bidangnya yang dikemudian hari diharapkan dapat mempraktekkan, mengembangkan ilmu-ilmu agama dan ilmu ekonomi sesuai dengan syari'ah, memiliki pemahaman Islam  yang mendalam, budi pekerti yang luhur (akhlakul karimah), mengupayakan penggunaan imtaq dan iptek untuk kesejahteraan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara meliputi jasmani dan rohani. Diharapkan seluruh lulusan STAI Asshiddiqiyah Karawang dapat menjawab tantangan masa depan terutama di bidang Pendidikan Islam dan Perekonomian Islam.