STAIAS 1
STAIAS 2
STAIAS 3
STAIAS_5
11032012003
MILAD 1
MILAD 13
MILAD 15
gedung stai 1
logo stai ashd baru 2
Print

Sekolah Tinggi Agama Islam

Posted in Artikel

POTRET PENELITIAN DI STAI: HARAPAN DAN KENYATAAN

Ada pertanyaan filosofis untuk mengkritisi keberadaan perguruan tinggi agama Islam dewasa ini. Apa sebetulnya tujuan didirikannya STAI, apakah hanya sekedar menampung mahasiswa atau hanya sekedar memberi pekerjaan pada dosen. Jawaban ini bisa kita peroleh melalui PP no 60 tahun 1999 bab II pasal 2 bahwa Perguruan Tinggi amatlah strategis setidaknya hal ini sebagaimana terefleksi dalam esensi tujuan pendidikan tinggi pertama, menyiapkan peserta didik agar menjadi anggota anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan memperkaya ilmu pengetahuan dan kesenian. Kedua, Mengembangkan dan menyebarluaskan Ilmu Pengetahuan dan kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan Nasional.

Tujuan sebagaimana tersebut di atas, sesuai dengan sasaran sebagaimana yang akan dicapai oleh STAI, antara lain: pertama,menghasilkan lulusan yang bermutu, berguna bagi masyarakat di bidang ilmu agama Islam, dan kedua mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu agama dan kebudayaan Islam demi kemaslahatan masyarakat.

Kalau dilihat dari sini, maka dalam konteks mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu agama, peran penelitian sangatlah dominan. Sedangkan bagi kemaslahatan masyarakat bisa diterjemahkan sebagai tugas pengabdian masyarakat (PPM). Jadi muara dari penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tidak lain adalah masyarakat itu sendiri.